Feasibility Test of Diabetes Mellitus Educational Video Learning Media
DOI:
https://doi.org/10.59188/eduvest.v5i2.1827Keywords:
Audio-visual media, Education, VideoAbstract
This study aims to determine the feasibility of audio-visual media used as educational media for diabetes mellitus. The type of research used is Research and Development (R&D). The product developed is Animation-Based Audio Visual. This development research is modified from the 4-D learning device development model consisting of 4 stages, namely define, design, develop, and disseminate. Validity test data is obtained from the validation sheet based on the assessment of expert validators. There are two types of validation sheets used, namely media validation sheets and material validation sheets. The results of the study and data analysis show that the video is very feasible to use when reviewed based on media feasibility with a validity of 85.00% and a reliability of 88.57%. Based on these results, it can be concluded that the video is very feasible to use in the learning process.
References
PERKENI. Pengelolaan Dan Pencegahan Diabetes Mellitus Tipe-2 Di Indonesia. (PB PERKENI, Jakarta, 2021).
Riskesdas. Rikesdas dalam angka provinsi NTB. (2013).
Dinas Kesehatan NTB. Profil Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2015. (Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Mataram, 2015).
Kurniawan, T. dkk. Self Management Pasien Diabetes Melitus Dengan Komplikasi Kardiovaskular Dan Implikasinya Terhadap Indikator Klinik. J. Pendidik. Keperawatana Indones. 6, (2020).
Notoatmodjo, S. Metodologi Penelitian Kesehatan. (Rineka Cipta., Jakarta, 2018).
Purwaningtyas, S. D., Kusnanto, & Indrawati, R. Pendidikan Kesehatan Metode Simulation Game Meningkatkan Perilaku Penderita Diabetes Mellitus dalam Melakukan Perawatan Kaki di Posyandu Lansia SimoanginAngin Sidoarjo. (2012).
Susilaningsih, T, dkk. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Video terhadap Tingkat Kepatuhan Diet pada Penderita Diabetes Mellitus di PKM Gamping 1 Sleman Yogyakarta. (2017).
Fahrurozi, S. K. Pengembangan Video pembelajaran menggunakan Sparkol Video scribe pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Materi Algoritma Kelas X SMK Sakti Gemolong. Univ. Sebel. Maret Surakarta Solo. (2017).
Rini Wulandari. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Geogebra Dengan Pendekatan Saintifik Berbasisi Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Pada Materi Persamaan Lingkaran Untuk Siswa SMA kelas XII. Skripsi tidak diterbitkan. (FKIP UNY, Yogyakarta., 2015).
Herpratiwi. Teori Belajar Dan Pembelajaran. (Media Akademik., Yogyakarta, 2016).
Saltar, L., & Sahar, J. The Intervention of Foot Care Education in the Prevention of Diabetic Foot Ulcers: A Literature Review. Ichwb. A Lit. Rev. Ichwb 1–10 (2020) doi:https://doi.org/doi.org/10.1002/dmrr.2695.
Aisah, S., Ismail, S., & Margawati, A. Edukasi kesehatan dengan Media Video Animasi: Scoping Review. J. Perawat Indones. 5, 641–655 (2021).
Hapsari, N. R., & S. Pengembangan Buku Pengayaan Apresiasi Teks Fabel Bermuatan Nilai-Nilai Karakter bagi Siswa SMP. J. Pendidik. Bhs. Dan Sastra Indones. 5, 13–22 (2016).
Direktorat P2P, K. k. Direktorat Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular. P2P http://www.p2ptm.kemkes.go.id/informasi-p2ptm/penyakitdiabetes-melitus (2020). Di akses 10 Mei 2024 (2020).
p2ptm.kemkes. Penyakit diabetes melitus. kemkes https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-diabetes-melitus/faktor-risiko-penyakit-diabetes-melitus-dm-faktor-risiko-yang-bisa-diubah. Di akses 16 Mei 2024.
P2PTM Kemenkes RI. Apa saja faktor risiko penyakit diabetes melitus (DM) yang tidak bisa diubah ? P2PTM Kemenkes RI https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/penyakit-diabetes-melitus/apa-saja-faktor-risiko-penyakit-diabetes-melitus-dm-yang-tidak-bisa-diubah (2018).
Virga Hasna Ghaida, N. Mengenal Komplikasi Diabetes Melitus. (Kemenkes Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten, 2024).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad, Indra Rahmad, Muhtar, Zulkarnain, Fadlurrahmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.